KD-11b

SISTEM PEMANCAR ANALOG STASIUN TELEVISI

A. Sistem Pemancar stasiun TV

Dalam prosesnya sistem pemancar televisi yaitu mengubah dan menyebar luaskan sinyal- sinyal video dan termasuk didalamnya sinyal audio sehingga sinyal tersebut dapat diterima oleh pesawat televisi penerima dengan jarak yang cukup jauh. Pesawat televisi penerima bertugas menerima sinyal-sinyal yang disebar luaskan oleh antena pemancar untuk diubah menjadi gambar dan suara yang keluar dari televisi. Secara umum diagram blok sistem pemancar stasiun TV dapat dilihat pada Gambar berikut :

Gambar Sistem Pemancar Stasiun TV

B.         Perangkat Utama

Perangkat utama adalah perangkat yang sangat dibutuhkan untuk saat terjadinya siaran.

1.          Kamera

Kamera Video adalah perangkat perekam gambar video yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog. Kamera Video termasuk salah satu produk teknologi digital, sehingga disebut pula salah satu perangkat digitizer yang memiliki kemampuan mengambil input data analog berupa frekuensi sinar dan mengubah ke mode digital elektronis.

2.          Microphone

Clip On (mic jepit) adalah microphone yang dalam penggunaanya dipasang/dikacing di kerah baju maupun tempat lain. Clip on wireless, yang dalam pengoperasionalannya mengunakan gelombang radio/frekuensi dengan sistem mengirim suara (transmitter) dan menerima gelombang (receiver) dan baterai sebagai sumber power.

3.          Video Switcher

Video Switcher digunakan untuk menggabungkan sinyal video menjadi sebuah sebuah sinyal video. Video Switcher umumnya digunakan pada studio film atau broadcasting (penyiaran). Mixer video mempunyai fungsi yang mirip dengan mixer audio.

4.          Audio Mixer

Audio Mixer berfungsi sebagai pencampur suara, sebuah mixing console, atau juga disebut soundboard / mixing desk (papan suara) adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memadukan (mixing), pengaturan jalur (routing) dan mengubah level, serta harmonisasi dinamis dari sinyal audio.

5.          Overlay

Overlay video setiap teknik yang digunakan untuk menampilkan video yang jendela pada layar komputer sambil melewati rantai CPU ke kartu grafis untuk monitor komputer sehingga dapat menampilkan desain logo di televisi.

6.          Openbox dan Telarity

Openbox dan Telairity dalam bahasa yang mudah dipahami adalah receiver (penerima) siaran satelit, sama seperti decoder xstro tetapi decoder skybox memerlukan sambungan internet untuk mendapat siaran. Ada 2 jenis receiver, ini untuk berjaga-jaga jika terjadi scramble (siaran rusak/diacak) jadi kita dapat menswitch ke receiver yang lain.

7.          Pemancar TX

Pemancar TX adalah perangkat yang merubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik. Bagian dari pemancar TX adalah Exiter yaitu suatu unit pembangkit sinyal video maupun audio yang diambil dari input kamera video dan microphone tadi.

8.          Antena Pemancar

Antena pemancar adalah suatu media untuk memancarkan sinyal informasi menuju ke antena penerima. Antena pemancar ini mengubah energi listrik menjadi gelombang elektromagnetik yang didalamnya mengandung sinyal-sinyal informasi seperti video dan audio. Antena yang dimiliki oleh Stasiun TV misalnya yang bermerek Mez, tipe dipole. Memiliki 8 panel antena (2 barat, 2 timur, 2 selatan dan 2 utara) yang masing-masing memiliki sudut pancar 90º pada ketinggian 62 meter dari permukaan tanah guna mengoptimalkan pancaran sinyal. Kemudian memancarkan sinyal video dan audio menjadi satu pada frekuensi 615.25 Mhz yang terletak pada 39 UHF.

Gambar Antena Pemancar Stasiun TV